Saturday 19 November 2016

Family Oh Family

Weekend ini enaknya ngapain ya?
Buat yg sibuk bekerja pasti memilih weekend bersama keluarga. Kapan lagi bisa kumpul-kumpul bareng kalo bukan saat libur kerja?

Dulu waktu masih kecil, hari-hari kita selalu bersama keluarga. Kita belum memiliki kemampuan dan keberanian untuk keluar jauh dari rumah. Tapi seiring berjalannya waktu kita mulai bereksplorasi dan mengenal dunia luar. Saat masih remaja, saya juga merasakan apa yang dirasakan remaja sekarang. Ketika weekend, orangtua ingin menghabiskan waktu bersama saya, tapi saya malah ingin keluar bersama teman-teman.

Yah, seringkali keinginan orangtua tidak sejalan dengan anak-anaknya. Ketika orangtua merasa waktu mereka habis untuk bekerja, anak-anak justru merasa waktu mereka habis untuk belajar dan ingin bermain dengan teman sebaya. Namun setelah kita beranjak dewasa kita mulai menyadari, begitu banyak hal-hal yang terlewatkan bersama keluarga.

Weekend ini saya menonton drama Korea yang berjudul "Spy". Di awal-awal episode saya menangkap quote yang cukup menarik.

" Memang benar saat sedang bersama-sama, keluarga itu seperti rantai, namun ketika mereka pergi dan telah tiada maka kita akan merasa kesepian. Pada akhirnya keluarga lah tempat kita kembali."

Sempat ga mudeng awalnya. Tapi lama-lama saya paham maksudnya. Ketika bersama keluarga kita merasa seperti ada rantai yang membelenggu. Terutama ibu, selalu mengatakan, "ini ga boleh, itu ga boleh, jangan begini, jangan begitu." Rasanya semua dibatasi. Bagi ABG-ABG yang sedang heboh mencari jati diri pasti merasa tersiksa. Tapi coba saja kita pergi dan menjauh dari keluarga, pasti kita akan kesepian. Karena hanya orangtua dan keluarga lah yang dekat dan mengerti kita.

Well, tentu saja bagi anak-anak labil tulisan ini tidak terlalu penting. Karena mereka sedang berada dalam kekuasaan ego yang sangat tinggi. Namun suatu saat, ketika kita berada di tahap yang sama seperti orangtua kita (read:sudah punya anak), kita pasti menyadarinya. Sehingga, setelah dewasa kita pasti akan memilih menghabiskan waktu bersama keluarga saat weekend.

"Family means no one lefts behind and forgotten."
"

No comments:

Post a Comment