Friday 18 November 2016

T.G.I.F.

Yeaaayyy.. Postingan kedua.. hehehe
Sering bertemu dengan singkatan T.G.I.F.? Kalau kamu anak gaul pasti sering donk menemukan singkatan itu. Bahkan karena saking ingin ikut-ikutan keren, kamu pun turut serta meramaikan timeline Social Media-mu dengan mengupdate status T.G.I.F.

Ya, T.G.I.F. adalah singkatan dari kalimat berbahasa Inggris, "Thank God It's Friday". Dari kalimatnya kita bisa paham bahwa T.G.I.F. adalah ungkapan rasa syukur atau terimakasih kita karena hari ini adalah hari Jum'at. Atau gampangnya, bersyukur banget deh ketemu ama hari Jum'at.
Wah, kenapa ya? hmmmm


Menurut beberapa sumber, T.G.I.F. bermula dari negeri Paman Sam, Amerika. Ungkapan ini sudah ada sejak tahun 1960an, dipopulerkan pertama kali oleh sebuah restoran T.G.I. Friday's yang berdiri pada tahun 1965. Namun seiring berjalannya waktu, ungkapan ini semakin populer pada tahun 1970 berkat sebuah film yang rilis tahun 1965 dengan judul yang sama. Waaahh,, ternyata udah lama juga ya.. Bisa dibilang saya ketinggalan karena baru tahu akhir-akhir ini.. hehehehe

Hari Jum'at pun menjadi spesial karena keesokan harinya merupakan weekend yang tentunya ditunggu-tunggu semua orang. Jum'at adalah hari terakhir mereka berkutat dengan pekerjaan sehingga mereka sangat bahagia apabila hari Jum'at datang.
Menurut sumber lain, di Amerika hari Jum'at adalah hari gajian. Pantas saja semua berbahagia.wong mau pegang duit.. heehehehe

Bagi umat Islam khususnya, hari Jum'at merupakan hari yang sangat istimewa.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin shalat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintannya.” (HR. Muslim)

Saking istimewanya hari Jum'at, bahkan umat Muslim mendirikan Shalat Jum'at (di setiap hari Jum'at tentunya). Hari Jum'at bahkan diketahui sebagai Hari Raya umat Islam selain Idul Fitri dan Idul Adha.
Dalam Hadits lain Rasulullah SAW. bersabda, "Di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seorang Muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.’ Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu.” [HR.Bukhari dan Muslim]

Begitu banyaknya keistimewaan hari Jum'at menurut Islam. Hari Jum'at adalah kesempatan untuk kita mengupgrade keadaan rohani kita. Mengisinya dengan ibadah dan zikir kepada Allah SWT. tidak akan pernah sia-sia.

Terlepas dari reaksi orang-orang tentang hari Jum'at. Secara umum saya mengambil kesimpulan bahwa hari Jum'at adalah hari yang istimewa. Semua orang berbahagia menyambutnya. Entah secara rohani maupun jasmani, entah dalam hal duniawi maupun agama, semua menganggap hari Jum'at istimewa.

Bagi beberapa orang, hari Jum'at adalah hari yang melegakan karena esok mereka akan bersantai. Beberapa yang lain menyambut hari Jum'at dengan bahagia karena hendak mendapat gaji. Keringat dan kerja keras mereka terbayar hari ini. Menantikan senyuman istri dan anak-anak di rumah yang menunggu hasil usahanya.

Tapi lebih jauh dan lebih dalam dari itu, hari jum'at bukan sekedar tentang jasmani dan duniawi belaka. Hari ini adalah hari dimana Tuhan menyebarkan kebahagiaan pada seluruh manusia, dengan harapan bahwa manusia akan menyadarinya lalu bersyukur. Syukur yang dituangkan dalam ibadah-ibadah khusyu dan syahdu. Dan hanya sedikit orang yang menyadarinya. Semoga kita termasuk didalamnya. Aamiin

Jum'at Mubarak..


No comments:

Post a Comment